cara belajar menggunakan mikrosoft word, excel, dan power point






Cara Membuat Kolom Tulisan di Ms.Word

Langkah-langkahnya :
1. Tulis (ketik) dokumen yang akan anda buat kolom. 
2. Blok tulisan atau teks yang akan dibuat kolom
3. Pilih menu ribbon Page Layout 
4.  Klik tombol kolom, tampilan seperti di bawah ini.

Cara Menggunakan Menu Tabel

Langkah-langkahnya sebagaui berikut:
1.     Pada Insert tab, Tables grup, klik Table. 
2.     Di bagian Insert Table, geser mouse untuk memilih jumlah baris dan kolom,


Cara Membuat Drop Cap
1.     Ketik teks
2.     Letakkan kursor pada paragraf yang akan diberi Drop Cap
3.     Blok huruf pertama pada paragraf
4.     Klik menu INSERT kemudian pilih Drop Cap
5.     Pilih salah satu pilihan antara Dropped dan IN Margin, Dropped berarti huruf yang

MS. Excel
1. Rumus Matematika
Rumus matematika adalah rumus yang paling sering digunakan orang, istilah rumus ini biasa dikenal untuk untuk operasi penjumlahan (SUM), rata-rata (AVERAGE), nilai tertinggi (MAX), nilai terendah (MIN) dan banyak item (COUNT).

Penggunaan Rumus SUM
Rumus SUM digunakan untuk menghitung jumlah total, penerapan dari rumus SUM ini banyak sekali seperti menghitung total harga dari semua barang, menghitung total nilai raport siswa, menghitung total gaji dan lain-lain.
penggunaan rumus ini cukup sederhana, yaitu dapat dilakukan dengan cara =SUM(number1:number2) arti dari rumus tersebut adalah kita mentotalkan atau menjumalahkan dari number1 (kolom/cell awal) hingga number 2 (kolom/cell akhir)
contoh : SUM(A6:J15)
arti dari rumus tersebut adalah kita menjumlahkan dari kolom/cell A6 hingga kolom/cell J15, selanjutnya setelah kita tekan enter maka akan tampil total jumlah dari kolom/cell A6 hingga kolom/cell J15
Penggunaan Rumus AVERAGE
Rumus AVERAGE digunakan untuk menghitung rata-rata, seperti menghitung rata-rata nilai siswa, menghitung rata-rata pendapatan dalam 1 bulan dan lain-lain.
Penggunaan rumus untuk AVERAGE ini bisa dilakukan dengan cara =AVERAGE(number1:number2) arti dari rumus tersebut yaitu kita menghitung rata-rata dari number1 (kolom/cell awal) hingga number2 (kolom/cell akhir)
contoh : =AVERAGE(A6:J15)
Arti dari rumus tersebut adalah kita menghitung rata-rata dari kolom/cell A6 hingga kolom/cell J15, selanjutnya setelah kita tekan enter maka akan tampil rata-rata dari kolom/cell A6 hingga kolom/cell J15
Penggunaan Rumus MAX
Rumus MAX digunakan untuk menentukan nilai tertinggi dari kolom yang diblok, misalnya untuk menentukan nilai tertinggi dari keseluruhan siswa atau menentukan produk mana yang harganya paling mahal dari semua produk.
jika kita menentukan nilai tertinggi dengan cara manual tentu akan membutuhkan waktu yang lama karena kita harus melihat satu persatu kolomnya, selain itu cara manual juga rentan terjadinya kesalahan.
penggunaan rumus untuk MAX ini bisa dilakukan dengan cara =MAX(number1:number2) arti dari rumus tersebut yaitu kita menentukan nilai tertinggi dari number1 (kolom/cell awal) hingga number2 (kolom/cell akhir)
contoh : =MAX(A6:J15)
Arti dari rumus tersebut adalah kita menentukan nilai tertinggi dari kolom/cell A6 hingga kolom/cell J15, selanjutnya setelah kita tekan enter maka akan tampil nilai tertinggi dari kolom/cell A6 hingga kolom/cell J15
Penggunaan Rumus MIN
Rumus MIN digunakan untuk menentukan nilai terendah dari kolom yang diblok, seperti menentukan nilai terendah dari keseluruhan siswa, menentukan produk termurah dari semua produk, dan lain-lain.
penggunaan rumus untuk MIN ini bisa dilakukan dengan cara =MIN(number1:number2) arti dari rumus tersebut yaitu kita menentukan nilai terendah dari number1 (kolom/cell awal) hingga number2 (kolom/cell akhir)
contoh : =MIN(A6:J15)
Arti dari rumus tersebut adalah kita menentukan nilai terendah dari kolom/cell A6 hingga kolom/cell J15, selanjutnya setelah kita tekan enter maka akan tampil nilai terendah dari kolom/cell A6 hingga kolom/cell J15
Penggunaan Rumus COUNT
Rumus COUNT digunakan untuk menentukan banyak item dari kolom yang diblok, seperti menentukan banyak item dari produk yang dibeli, menghitung jumlah siswa yang lulus, dan lain-lain.
penggunaan rumus untuk COUNT ini bisa dilakukan dengan cara =COUNT(number1:number2) arti dari rumus tersebut yaitu kita menentukan banyak item dari number1 (kolom/cell awal) hingga number2 (kolom/cell akhir)
contoh : =COUNT(A6:J15)

Arti dari rumus tersebut adalah kita menentukan banyak item dari kolom/cell A6 hingga kolom/cell J15, selanjutnya setelah kita tekan enter maka akan tampil banyak item dari kolom/cell A6 hingga kolom/cell J15


Penggunaan Rumus IF
Sesuai dengan namanya rumus IF itu rumus logika yang memakai konsep Jika Maka yang mengacu pada kondisi dan aksi,misalkan jika kondisi nilainya bagus maka aksinya siswa itu lulus
cara menggunakan rumus IF ini dapat dilakukan dengan =IF(logical_test,value_if_true,value_if_false), agar anda tidak bingung saya akan langsung tunjukkan contohnya, silahkan perhatikan gambar dibawah ini
pada gambar diatas terlihat rumus if yang saya tandai dengan lingkaran merah, arti dari rumus tersebut adalah jika nilai pada kolom/cell H7 kurang dari atau sama dengan 55 maka siswa tersebut tidak lulus, dan jika sebaliknya maka siswa tersebut lulus



  1. Buatlah worksheet baru dan isi dengan data seperti tampak pada gambar berikut ini. Diandaikan data tersebut adalah data jumlah penjualan item Compact Disc (CD) pada cabang Tangerang, Serang, dan Bandung untuk tahun 2011.
Anda juga bisa download file latihan yang berisi data tersebut 
  • Pilih range data dari alamat A3 s/d D15.
  • Klik tab Insert pada menu ribbon.
  • Pada kelompok menu Charts, klik Line dan ambil pilihan diagram pertama seperti terlihat pada gambar screenshot berikut.

  • Langkah no. 4 di atas akan membentuk diagram garis dengan tampilan standar secara otomatis seperti terlihat pada gambar berikut ini.Terlihat pada chart tersebut data bulan menjadi categories dan cabang menjadi series.
  • Coba arahkan kursor mouse menuju titik tertentu dari salah satu garis. Akan muncul informasi yang lebih lengkap seperti tampak pada gambar berikut.




Dengan menggunakan merge cells maka tulisan yang dihasilkan dalam lembar kerja ms excel akan terlihat lebih rapi dan teratur. Merge cells sendiri terdiri dari 3 macam, yaitu:
  1. Merge & center yang artinya menghilangkan garis kemudian tulisan menjadi rata tengah
  2. Merge across yang artinya menghilangkan garis yang menyamping ke kanan
  3. Merge cells hanya menghilangkan garis saja.
Untuk membuat merge cells pada mirosoft excel ikuti langkah-langkah berikut:
  • Blok cells yang akan dibuat merge cells
  • Selanjutnya pilh merge & center, merge across atau merge cell untuk membuat merge cells.
  • Maka baris akan secara otomatis hilang.
  • Merge cells hanya bisa digunakan dalam cell yang memiliki satu isian data, sehingga untuk membuat merge maka blok dengan cell yang kosong.
  • Untuk mengembalikan merge cell ke semula, klik icon merge cell lagi
  • Selamat mencoba dan semoga bisa membantu




  1. Ketik huruf “a” kecil.
  2. Pilih huruf tersebut dan ubah font menjadi Webdings atau Marlett (Home tab, Font grup).

Tip:
  • Saat menggunakan font Marlett di Word dan PowerPoint, akan muncul kotak di samping tanda centang. Untuk menghilangkannya, pilih kotak tersebut dan ubah ke font yang lain, misalnya Arial atau Calibri.
  • Bila saat menekan tombol TAB atau Enter, simbol centang berubah menjadi karakter lain, tekan tombol CTRL + Z untuk mengembalikannya ke simbol centang.

Cara 2: Menggunakan Simbol

Word 2007 - 2013:
  1. Pada Insert tab, Symbols grup, klik Symbol.

  2. Bila simbol centang tidak ada di galeri mini, klik More Symbols. Klik simbol centang di galeri Recently used symbols, bila ada. Jika tidak ada, lakukan hal berikut ini:
    • Di bagian Font: pilih font Wingdings dan pada Character code: ketik 252.
    • Atau pilih font Wingdings 2 dan di Character code: ketik 80.
  3. Tekan tombol Insert dan Close untuk menyisipkannya ke dalam dokumen dan menutup kotak dialog.


Excel dan PowerPoint 2007 - 2013:
  1. Pada Insert tab, Symbols grup, klik Symbol.
    Catatan: khusus untuk Excel dan PowerPoint 2007, Symbol berada di Text grup.
  2. Jika simbol centang ada di galeri Recently used symbols, klik simbol centang tersebut. Jika tidak ada, lakukan hal berikut ini:
    • Di bagian Font: Pilih font Wingdings dan pada Character code: ketik 252.
    • Atau pilih font Wingdings 2 dan di Character code: ketik 80 (lihat contoh gambar di atas).
  3. Tekan tombol Insert dan Close untuk menyisipkannya ke dalam dokumen dan menutup kotak dialog.




. Buka Power Point


2. klik tanda panah di bawah new slide lalu pilih Blank


3. lalu pilih insert dan klik text Box


4. Klik pada slide lalu tulis alamat rumah, nama, alamat sekolah , website, dll


5. Pilih Back ground kesukaan mu di design


6. Lalu tambah kan gambar gambar kesukaan mu


7.  Klik file lalu save as dan pilih PNG ,






sumber:
http://ririnnhidayati.blogspot.co.id/p/cara-cara-membuat-kolom-tabel-word-art.html

http://dciqbal14.blogspot.co.id/2014/02/cara-membuat-kartu-nama-dengan-power.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hidup Sehat Berkat Sang Ratu Berkhasiat (Kulit Manggis)

Makalah Pendidikan Agama Tentang "SHALAT"